Rabu, 20 November 2013

Alat Musik Kalimantan Tengah

Alat-alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah adalah sebagai berikut :
  1. Garantung
  2. Salung
  3. Gandang
  4. Katambung
  5. Kecapi
  6. Guriding
  7. Suling Bahalang
  8. Suling Balawung
  9. Kangkanong Humbang
Mungkin kalau tidak dijelaskan anda akan bingung seperti apa alat-alat musik yang saya sebut di atas. Di bawah inilah penjelasan singkatnya.

Penjelasan Singkat Tentang Alat Musik Kalimantan Tengah

Garantung
Garantung ini adalah alat musik tradisional sejenis Gong. Alat musik inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Suku Dayak. Ada juga yang menyebut alat musik ini dengan sebutan Agung.
Salung
Salung adalah alat musik tradisional asal Kalimantan Barat yang merupakan alat musik jenis pukul yang terbuat dari bambu atau kayu. Nada yang dihasilkan alat musik salung ini adalah nada do, re, mi, sol, dan la.
Gandang
Gandang adalah alat musik gendang. Gendang yang satu ini adalah gendang yang ukurannya besar. Bahkan panjangnya bisa mencapai 1 sampai 2 meter dengan diamater sekitar 40 cm. Biasanya alat musik jenis ini digunakan untuk upacara-upacara adat di Kalimantan Tengah.
Katambung
Alat musik Katambung ini adalah sejenis perkusi gendang yang memiliki panjang hingga 75 cm. Alat musik ini dibuat dari kayu ulin kemudian ada balutan kulit ikan buntal yang dikeringkan untuk diregangkan di bagian sisinya sebagai bagian yang nantinya dipukul dalam memainkannya. Diamater kulit ikan buntal yang dikeringkan kemudian dijadikan bagian dari Katambung ini biasanya berukuran hingga 10 cm.
Kecapi
Siapa sih yang tidak kenal dengan alat musik yang satu ini? Kecapi merupakan alat musik jenis petik yang dibuat berasal dari kayu ringan. Senarnya ada yang dua ada juga yang tiga.
Guriding
Alat musik tradisional Kalimantan Tengah yang satu ini lebih unik dari yang lain. Karena alat musik yang satu ini terbuat dari sejenis tumbuhan hutan yang biasa disebut suku dayak berasal pelepah tua Pohon Joko. Ditengahnya seakan-akan terdapat lidah dan ujungnya dibuat runcing sehingga berbunyi ketika dipukul
Suling Bahalang
Suling ini jenis suling seperti pada umumnya. Terbuat dari bambu dan memiliki tujuh lubang.
Suling Balawung
Dilihat dari ukurannya, suling balawung ini termasuk kategori suling kecil. Terdapat lima lubang di bagian bawahnya dan terdapat satu lubang saja di atasnya.
Kangkanong Humbang
Alat musik ini sejenis alat musik yang dibuat dari bambu yang dirakit dari beberapa batang bambu kemudian dipukul sehingga menghasilkan bunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar